30.7.09

Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal

PROGRAM YANG DILAKSAKAN DI UPT PPNFI DINAS PPO PROVINSI NTT yaitu :

1. Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Hingga saat ini UPT PPNFI Dinas PPO telah menyelenggarakan 3 (tiga) bentuk PAUD langsung di kampus UPT PPNFI yakni, Kelompok Bermain Pelangi, Kelompok Bermain Integrasi Sekolah Minggu Tiberias, dan TPA Pelangi. sedangkan diluar kampus sebanyak 10 kelompok bermain.

2. Pembelajaran Program Keaksaraan
Hingga saat ini UPT PPNFI telah menyelenggarakan sebanyak 131 kelompok KF dari tahun 2005

3. Penyelenggaraan paket A Setara SD

Program Paket A Setara Sekolah Dasar adalah program yang dilaksanakan dalam rangka memberikan layanan pendidikan kepada warga masyarakat yang oleh berbagai persoalan kehidupan, tidak dapat melanjutkan pendidikan dan drop out (DO) pada kelas tertentu yang disebabkan oleh berbagai kesulitan hidup dengan sasaran usia 10-13 tahun untuk memperoleh pendidikan setara sekolah dasar. UPT PPNFi memiliki binaan sebanyak 2 kelompok.

4. Penyelenggaraan Paket B Setara SMP

Program Paket B setara SMP adalah program yang dilaksanakan dalam rangka memberikan layanan pendidikan kepada warga yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. UPT PPNFI memiliki binaan sebanyak 6 kelompok.




5. Penyelenggaraan Paket C Setara SMA
Program Paket C Setara Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan program yang dilaksanakan dalam rangka layanan pendidikan kepada masyarakat yang telah tamat pendidikan dasar 9 tahun (Paket B Setara SMP, SMP/MTs dan sejenis) tetapi tidak dapat melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi melalui jalur formal (SMU/SMK). UPT PPNFI memiliki binaan sebanyak 4 kelompok.


6. Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi

Pelaksanaan kegiatan dan pemanfaatan dana blog grant Pendidikan nonformal untuk Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) perlu dipantau dan dibuna oleh BP-PLSP Regional IV Surabaya dan UPT Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Dinas Pendidikan, pemuda dan Olahraga agar dapat mencapai tujuan yang direncanakan. Disamping itu, pemantauan, evaluasi dan pembinaan dapat dilaksanakan pula oleh berbagai pihak dengan substansi pemantauan yang berbeda.
Kegiatan pemantauan Evaluasi merupakan pembinaan dalam satu rangkaian kegiatan pelaksanaan program Pendidikan Nonformal dan Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Kependidikan sehingga dapat memastikan kualitas pemanfaatan dana block grant PTK-PNF dan block grant Pendidikan Nonformal, yang tujuannya untuk mengetahui ketepatan pemanfaat dana block grant sesuai dengan proposal yang diajukan.

7. Program Kecakapan Hidup (Life Skills)
Pendidikan yang berorientasi pada kecakapan hidup pada hakekatnya merupakan pendidikan yang diarahkan pada penguasaan bidang keterampilan, keahlian dan kemahiran kerja yang dapat diandalkan sebagai bekal peningkatan hidup. UPT PPNFI memiliki binaan sebanyak 15 kelompok termasuk KWD,KWK, dan KPP Terpadu.
Berdasarkan lingkupnya, program kecakapan hidup mencakup :
a. Kecakapan kerja;
b. kecakapan probadi sosial;
c. kecakapan dalam kehidupan sehari-hari
Program Kecakapan Hidup dirancang untuk membimbing, melatih dan membelajarkan warga belajar agar mempunyai bekal dalam menghadapi masa depannya dengan memanfaatkan peluang dan tantangan yang ada.

















PENINGKATAN MUTU KETENAGAAN :


1. Pengembangan Model Pembelajaran
Salah satu tugas pokok dan fungsi UPT Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga provinsi Nusa Tenggara Timur adalah pengembangan dan ujicoba model program pendidikan luar sekolah. Metode yang digunakan dalam pengembangan model pendidikan non formal adalah metode action research dan eksperimen.

2. Pengembangan Sistim Informasi Manejemen (SIM)
Untuk menunjang pekerjaan yang berbasis teknologi, UPT PPNFi memiliki ruang khusus mutimedia yang dilengkapi dengan fasilitas internet dengan jumlah 10 unit computer, serta terdapat juga computer untuk edithing video
Untuk menunjang kemampuan berbahasa inggris, UPT PPNFI memiliki 12 unit computer di laboratorium bahasa dengan kapasitas peerta sebanyak 24 orang. dan terdapat disatu ruangan khusus yang disebut lab bahasa. Untuk meningkatkan keterampilan bidang komputer, tersedia laboratorium IT dengan tersedia 22 fasilitas computer. komputer-komputer tersebut hasil kerja sama dengan KOICKA (pemerintah Korea)

3. Diklat TOT Pendidik dan tenaga kependidikan
TOT Diklat pendidik dan Tenaga Kependidikan dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, khususnya dalam bidang metodologi, penguasaan subjek meter, life skills, bidang ICT, manejemen pengelolaan program pendidikan nonformal.

4. Tugas Belajar dan Bantuan Beasiswa
Penyelenggaraan tugas belajar dan bantuan beasiswa dimaksud untuk meningkatkan kualifikasi bagi PTk-PNF, melalui program S1, dan S2. Kegiatan ini telah dimulai sejak tahun 2006 bekerjasama dengan perguruan tinggi yang terpilih di Kupang. saat ini melalui Dana pembantuan PTK-PNF sebanyak 50 orang mendapat bantuan biaya u ntuk studi lanjut. S2 sebanyak 3 orang dan S1 sebanyak 47 orang.

0 komentar:

KONTAK KAMI

Nama Kantor :
UPT Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal
Dinas Pendidikan,Pemuda dan Olahraga
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Alamat Kantor :
Jl. Perintis Kemerdekaan Kota Baru Kupang

Telepon/Fax /e-mail :
0380-831833 - ppnfi_ntt@yahoo.co.id